Visi dan Misi

Visi Program Studi Kimia UNIGORO

Menjadi program studi yang berkualitas untuk menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi di bidang rekayasa produk organik dan anorganik yang berwawasan lingkungan pada tahun 2023.

Misi Program Studi Kimia UNIGORO

  1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran yang berorientasi pada kebutuhan dan perkembangan ilmu kimia di bidang rekayasa produk organik dan anorganik yang berwawasan lingkungan.
  2. Melakukan kegiatan penelitian yang menghasilkan pengembangan ilmu kimia di bidang rekayasa produk organik dan anorganik yang berwawasan lingkungan.
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat melalui pemecahan masalah-masalah masyarakat di bidang rekayasa produk organik dan anorganik yang berwawasan lingkungan.
  4. Membangun kerjasama tingkat lokal, regional maupun nasional untuk memperluas dan memperdalam kerjasama dengan pihak lainnya dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berwawasan lingkungan.

Tujuan Program Studi Kimia UNIGORO

  1. Menghasilkan lulusan yang berkemampuan akademik, beretika, berjiwa dan/ atau berkemampuan wirausaha serta berdaya saing sehingga mampu berperan aktif dalam pengembangan, penguatan industri, dan masyarakat ekonomi Indonesia yang berwawasan lingkungan.
  2. Menghasilkan karya – karya ilmiah yang inovatif dalam pengembangan ilmu kimia di bidang rekayasa produk organik dan anorganik yang berwawasan lingkungan.
  3. Meningkatkan kemampuan dosen dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat.
  4. Mengembangkan pengelolaan kerjasama dengan pihak lain yang didasarkan pada pertimbangan untuk saling menguntungkan.

Sasaran dan Strategi Program Studi Kimia UNIGORO

  1. Sasaran dan strategi Pencapaian untuk tujuan menghasilkan lulusan yang berkemampuan akademik, beretika, berjiwa dan/atau berkemampuan entrepreneur serta berdaya saing sehingga mampu berperan aktif dalam pengembangan, penguatan industri dan masyarakat ekonomi Indonesia yang berwawasan lingkungan. (Sasaran: Meningkatnya kualitas dan kuantitas mahasiswa dengan Strategi Pencapaian: a. Peningkatan pemerataan akses pendidikan dari berbagai wilayah dan status sosial dan b. Peningkatan area penyebaran brosur untuk pengenalan Prodi Kimia Unigoro; Menciptakan sistem pembelajaran yang mampu menjawab tantangan lokal, nasional, dan global dengan Strategi Pencapaian: a. Penerapan metode pembelajaran berbasis penelitian yang berorientasi pada penyelesaian permasalahan di masyarakat sekitar. b. Pengembangan kurikulum yang dinamis terhadap perkembangan ilmu dan teknologi. c. Peningkatan kesiapan lulusan yang dapat mengikuti perkembangan, penguatan industri Indonesia yang berwawasan lingkungan dan d. Pengembangan organisasi kemahasiswaan sebagai sarana berorganisasi dan pembangunan karakter kebangsaan.)
  2. Sasaran dan Strategi Pencapaian untuk tujuan menghasilkan karya – karya ilmiah yang inovatif dalam pengembangan ilmu kimia di bidang rekayasa produk organik dan anorganik yang berwawasan lingkungan. (Sasaran: Tersedianya sarana dan prasarana yang memadai untuk upaya pengembangan penelitian dengan strategi Pengembangan dan pemeliharaan jejaring mitra penyandang dana penelitian serta Peningkatan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana yang mendukung penelitian; Meningkatnya jumlah publikasi dan hasil penelitian yang dimanfaatkan oleh masyarakat/ pelaku industri dengan strategi pencapaian: a.  Pengembangan program penelitian strategis yang berkelanjutan dengan peta pencapaian bagi pengembangan ilmu dan aplikasinya di bidang rekayasa produk organik dan anorganik b. Pengembangan sistem pemberian penghargaan kepada akademika prodi dalam rangka meningkatkan publikasi c. Revitalisasi media publikasi yang terakreditasi)
  3. Sasaran dan Strategi Pencapaian untuk tujuan meningkatkan kemampuan dosen dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat. (Sasaran: Meningkatkan jumlah publikasi hasil pengabdian kepada masyarakat dengan Strategi pencapaian: a. Melakukan pengabdian kepada masyarakat secara internal yang dibiayai LPPM b. Melakukan pengabdian kepada masyarakat secara eksternal dengan biaya DIKTI dan c. Mempublikasikan pengabdian kepada masyarakat lewat jurnal)
  4. Mengembangkan pengelolaan kerjasama dengan pihak lain yang didasarkan pada pertimbangan untuk saling menguntungkan. (Sasaran: Meningkatnya jumlah kerjasama dengan instansi baik pemerintah, LSM, dan organisasi lainnya dengan Strategi pencapaian a. Evaluasi kerjasama yang telah terjalin untuk kemudian pengembangan kerjasama yang saling menguntungkan b. Membuka jalinan kerjasama baru yang mengarah pada bidang penelitian dan pengembangan akademik; Meningkatnya produktivitas kerjasama yang memberikan kontribusi bagi implementasi tridarma dengan strategi a. Pengembangan kerjasama dengan alumni dan mitra strategis dan b. Peningkatan peran civitas akademika melalui kegiatan pendampingan dan pemberdayaan untuk masyarakat)